Home » » Herbal untuk Pengobatan Diabetes

Herbal untuk Pengobatan Diabetes

Written By Fun Happy And Smart Video Channel on Thursday, December 12, 2013 | 4:03 AM

Info Kesehatan Terbaru - Penyakit diabetes termasuk salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, banyak orang yang merasa khawatir terkena penyakit ini. Berbagai metode pengobatan banyak ditawarkan untuk penyembuhannya, mulai dari pengobatan secara medis maupun pengobatan non-medis. Kali ini, kita akan membahas mengenai pengobatan non-medis diabetes dengan berbagai ramuan herbal yang telah terbukti ampuh untuk mengatasi diabetes.

Salah satu penyebab timbulnya diabetes ialah konsumsi karbohidrat sederhana yang berlebihan. secara teoritis, semakin banyak mengonsumsi karbohidrat tersebut, akan berdampak pada peningkatan gula darah secara drastis.

Sedangkan, kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh itulah yang pada akhirnya menjadi indikasi adanya penyakit diabetes melitus. Jika sudah terkena penyakit ini, maka akan sulit disembuhkan. Konsekuensinya, Anda harus benar-benar menjaga pola makan, terutama mengurangi asupan karbohidrat sederhana dalam tubuh.

Patut diketahui bahwa ada banyak tanaman di sekitar kita yang bisa dijadikan sebagai obat anti-diabetes yang aman, bebas dari berbagai bahan kimiawi yang berbahaya apabila dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

Beberapa tanaman tersebut ada yang spesifik berkhasiat dalam mengobati diabetes, yang tentu saja dipadukan dengan pola makan teratur dan berolahraga secara konsisten. Menurut kalangan ahli, obat herbal ini memiliki kinerja seperti insulin yang bisa digunakan dalam jangka waku sangat panjang, bahkan sampai seumur hidup.

Tanaman obat ini memiliki kinerja yang konstruktif karena dapat membangun kembali jaringan sel yang rusak serta dapat menyembuhkan komplikasi akibat diabetes. Fungsinya ialah menurunkan kadar gula darah dengan cara menghambat penyerapan gula di dalam tubuh.
Hal itu bisa dilakukan karena tanaman herbal memiliki kadar serat yang tinggi. Berikut merupakan beberapa tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati diabetes.

Mahkota Dewa

Tanaman herbal ini memiliki efek farmakologi seperti obat disentri, anti-peradangan, sakit kulit, menurunkan kadar gula darah. Cara penggunannya yakni menyeduh irisan buah Mahkota dewa ke dalam segelas air panas (200 cc). Kemudian, tutuplah gelas tersebut dan biarkan sebentar supaya larut. Barulah setelah itu, diminum secukupnya. Disarankan untuk meminumnya 2-3 kali dalam sehari.

Brotowali

Tanaman ini memiliki efek farmakologis seperti dapat menghilangkan rasa sakit (analgesik) dan menurunkan panas (anti-piretik), disamping sering digunakan untuk mengatasi diabetes.
Cara penggunaannya ialah dengan menyiapkan sekitar 6 cm batang Brotowali. Kemudian, cucilah sampai bersih. Lalu potong-potong dan kemudian tambahkanlah segenggam daun Sambiloto serta sepertiga genggam daun Kumis kucing. Lalu, rebuslah dengan tiga gelas air panas. Jika sudah dingin, minumlah setelah makan.

 

 Buah Noni

Noni merupakan tanaman yang dianggap paling paten dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Noni dapat memperbaiki sel beta pankreas serta reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik.
Beberapa produsen di pasaran telah menyediakan herbal ini dalam kemasan yang lebih praktis dan siap dikonsumsi yakni dalam bentuk jus. Karena khasiat jus buah ini yang begitu efektif dalam mengatasi diabetes, banyak orang sudah tidak asing lagi ketika mendengar istilah Noni juice. Ada berbagai merk Noni juice di pasaran yang dapat Anda temukan dengan mudah.

Lidah Buaya

Cara penggunaannya, cuci bersih Lidah buaya yang sudah disiapkan. Lalu, potong-potong dan kemudian rebus Lidah buaya tersebut di dalam tiga gelas air sampai susut kira-kira setengahnya. Jika sudah, tiriskan dan minum air rebusan Lidah buaya itu 3 x 1,5 gelas setiap habis makan.

Tanaman Pare

Tanaman ini memiliki senyawa aktif charantin dan polypeptide-P yang dapat merangsang sel beta pankreas. Cara penggunannya ialah dengan memotong buah Pare seberat 200 gram. Kemudian, buat menjadi jus atau direbus. Minumlah airnya secara teratur setelah makan.

Teh Hijau

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Barangkali, Teh hijau senantiasa menjadi teman setia Anda ketika membaca koran. Teh hijau diketahui memiliki sensitifitas sel terhadap insulin. Anda dapat mengonsumsi Teh hijau setelah makan.
Ya, ternyata sudah banyak tanaman obat yang cukup mudah Anda temukan di sekeliling rumah atau di pasar-pasar dengan harga yang terjangkau.
Patut diketahui bahwa penggunaan herbal untuk mengobati diabetes ini harus dilakukan secara konsisten dan jangka waktu lama. Karena itu, Anda harus jadikan kebiasaan mengonsumsi herbal bukan hanya untuk mengobati penyakit, namun juga melakukan pencegahan terhadap kemunculan segala jenis penyakit yang lain. (sumber: www.deherba.com)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Carakupedia Templates | Mas Template
Copyright © 2011. BOJONGGEDANG KAMELANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger